Namlea, 22 September 2022

Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang Pertama di kabupaten buru tahun 2022 di gelar kegiatan Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat desa pemilihan kepala desa serentak gelombang pertama tahun 2022 di kabupaten buru, kegiatan yang berlangsung di Aula kantor bupati buru.

Dalam sesi acara pembukaan di awali dengan pembacaan laporan panitia penyelenggara kegiatan bimtek oleh kepala dinas PMD Kabupaten Buru, LATIF EFFENDI, S.Sos sebagai laporan jalannya kegiatan ini berlangsung.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang Pertama Tahun 2022 Di kabupaten Buru Adalah Sebagai Berikut :

  1. Untuk meningkatkan kualitas SDM bagi Panitia Pemilihan Kepala Desa di Tingkat desa , serta untuk memberikan pemahaman terkait pelaksanaan pilkades dari persiapan sampai dengan penetapan.
  2. Bimtek ini dilaksanakan agar pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Buru Tahun 2022 dapat berlangsung dalam suasana yang damai, kondusif serta proses Pilkades yang bermartabat dan demokratis.
  3. Agar memahami tugas dan fungsi dan mampu melaksanakan tugas dengan baik sehingga dapat meminimalisir terjadinya permasalahan dalam penyelenggaraan Pilkades. tambahnya”

sambutan singkat Penjabat Bupati Buru yang diwakili oleh Asisten I Setda kabupaten buru Bpk. Ir. Masri dalam kegiatan bimtek sekaligus membuka dengan resmi kegiatan pada hari ini.

” Kepada para peserta Bimbingan Teknis khususnya Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa ikutilah BIMTEK ini dengan baik sehingga saudara/i benar -benar dapat memahami setiap tahapan dalam pelaksanaan PILKADES serentak Gelombang Pertama Tahun 2022 ini, Tentunya saya mengharapkan jika memahami dasar peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang pemilihan Kepala Desa serentak di masa Pandemik ini, dengan demikian Panitia Pemilihan Tingkat Desa dapat melaksanakan hak-hak pandang dengan sosialisasi secara luas kepada masyarakat dengan benar dan tepat sehingga tercipta kondisi yang aman dan kondusif ditengah-tengah masyarakat yang kita harapkan bersama. Ungkapnya”.

Sesi kedua dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu Bimbingan Teknis kepada para peserta Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat desa yang di hadiri oleh tiga Narasumber yakni Kepala kepolisian Resort Buru atau yang di wakili Kabag OPS Polres Buru, Kepala kejaksaan negeri buru atau yang di wakili Kasi Intel Kejari Buru, Dandim 1506 Namlea atau yang diwakili oleh Pasiter 1506 Namlea dan Moderator atau pemandu acara oleh staf ahli bidang Hukum dan HAM Bpk. Mansur Mamulaty.

Turut hadir dalam kegiatan bimtek panitia pemilihan kepala desa serentak gelombang pertama tahun 2022, Asisten dan staf ahli Setda kabupaten buru, Kejaksaan Negeri Buru, jajaran kepolisian polres buru, Dandim 1506 Namlea, Kapolsek Namlea, Danramil 1506 Namlea, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buru, Peserta Bimtek panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang pertama tahun 2022 pada 41 desa yang ada di kabupaten buru, Kegiatan berjalan aman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *